Rabu, 05 Januari 2011

Tips Asyik dan Menyenangkan Bimbingan Skripsi

Terinspirasi dari seorang Dosen yang luar biasa, yang mencintai kami seperti putra-putrinya sendiri, Merci Madame. Dan Kakak-kakakku yang sedang berjuang menyusun tugas akhirnya. Keep Hamasah…
Kata skripsi seringkali terdengar angker di telinga. Tugas akhir ini yang seringkali membuat sebagian besar orang tertunda kelulusannya. Hambatan dalam penulisan skripsi biasanya terletak pada penelitian dan jadwal bimbingan dosen yang tidak sesuai ataupun tertunda. Selain itu dalam penulisan skripsi kita tidak hanya dituntut untuk menguasai materi akan tetapi kedewaasaan kita disaat menghadapi kritikan atau ketidaksesuaian dengan pendapat dosen pembimbing. Semakinlah skripsi terasa menyeramkan.
Lantas bagaimana lagi? Skripsi menjadi syarat mutlak kelulusan, meskipun sekarang banyak jurusan dan perguruan tinggi menawarkan jalur nonskripsi. Akan tetapi bagi Anda yang keukeuh untuk mengambil jalur skripsi, berikut beberapa tips agar bimbingan skripsi Anda asyik dan menyenangkan.
  • Pertama, kenali dosen Anda terlebih dahulu. Bagaimana cara mengadakan janji dengan beliau. Apakah beliau suka di sms atau tidak. Jika beliau tidak masalah mengadakan janji via sms tidak masalah, tapi jangan sekali-kali Anda mengirim sms jika dosen Anda tidak senang.
Perlu diperhatikan juga apabila Anda menelepon dosen jangan sekali-kali meneleponnya lebih dari satu kali, apabila tidak diangkat, itu berarti beliau sedang sibuk, lalu kirimlah sms permohonan maaf Anda karena telah mengganggunya.
  • Kedua, sebelum Anda menghadap dosen, kuasailah materi skripsi Anda dan perbanyaklah baca buku referensi Anda. Agar supaya Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dosen Anda yang sebenarnya hanya menguji sejauh mana Anda menguasai materi Anda, dan referensi apa yang menguatkan hipĆ³tesis Anda.
  • Ketiga, kenali suasana hati dosen Anda sesaat sebelum bimbingan, apakah sedang badmood atau tidak. Jika Anda menemui dosen Anda yang sedang badmood, usahakan Anda bisa merubah suasana hatinya. Bersikaplah yang manis, jangan lupa lemparkan seulas senyuman. Ingat, diskusi Anda saat bimbingan bisa berpengaruh pada suasana hatinya. Saat Anda bisa menjawab pertanyaan dosen dengan baiknya, kemungkinan suasana hatinya yang buruk bisa berubah mejadi senang. Sebaliknya, jika Anda tidak menguasai materi dan menjawab pertanyaan dengan ketidakyakinan, kemungkinan besar akan merusak suasana hatinya yang mungkin senang menjadi jengkel karena sikap Anda, dan tak ayal banyak mahasiswa yang terkena emosi dosennya saat bimbingan. Terlebih jika kondisi dosen sedang badmood. Nggak kebayangkan???
Jadi pandai-pandailah membaca suasana dan membeli hati dosen pembimbing. Insyaallah, bimbingan skripsi Anda lancar dan menyenangkan. selamat berjuang menyesaikan tugas akhir Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar